Cream Pemutih Wajah Herbal Alami dan Aman serta Cepat

Kulit putih sering dianggap sebagai kecantikan utama dan kebahagiaan utama bagi kaum hawam. Mitos ini pun membuat banyak wanita yang berlomba-lomba memutihkan kulit mereka, padahal tidak sedikit produk pemutih yang berada di pasaran memiliki bahan yang berpotensi membahayakan wajah hingga kesehatan tubuh. Beberapa tahun  yang lalu, pihak BPOM sempat mengamankan begitu banyak produk kosmetik yang memiliki kandungan bahan berbahaya serta tidak memiliki ijin edar. Di tahun yang sama, diumumkan pula produk pemutih yang memiliki kandungan berbahaya, sebagian besar adalah produk pemutih.

Cream Pemutih Wajah Herbal Alami dan Aman serta Cepat

Penentu warna kulit

Seperti menentukan warna rambut serta mata, warna kulit manusia juga ditentukan oleh kadar pigmen yang memiliki nama melanin. Kadar melanin yang berada di dalam kulit biasanya ditentukan dari kombinasi faktor keturunan serta tingkat paparan sinar matahari. Kulit yang sering terkena sinar matahari akan menstimulasi produksi melanin sehingga membuat kulit menjadi terlihat gelap. Dengan kata lain melanin merupakan tabir surya untuk kulit kita. Efek buruk dari ultraviolet lebih dapat dicegah pada kulit gelap karena memiliki kandungan banyak melanin. Ini disebkan melanin memiliki fungsi menghilangkan dampak negatif dair permukaan kulit.

Bahan produk pemutih kulit

Setiap bahan memiliki kandungan manfaat serta egek samping. Beberapa bahan bahkan dikategorikan sebagai bahan yang berbahaya karena memiliki dampak buruk walaupun dalam kadar yang cukup terbatas. Sementara bahan lainnya dapat ditoleransi sehingga sisi manfaatnya cenderung dominan dibandingkan dengan efek sampingnya.

Harus Anda ingat, pada umumnya pemutih kulit akan membuat produksi melanin menjadi berkurang sehingga membuat kulit menjadi lebih senstif pada sinar matahari, dalam jangka panjang penggunaannya dapat menyebabkan penuaan dini serta kanker kulit. Dengan berkurangnya kadar melanin, dampak sinar ultraviolet pada kulit menjadi meningkat, paparan sinar ultraviolet yang secara berlebihan bisa mempercepat terjadinya keriput serta berpotensi memicu kanker kulit.

Merkuri

Merkuri sebenarnya adalah bahan berisiko yang harus Anda hindari. Merkuri merupakan logam yang dalam kondisi normal memiliki warna abu-abu serta tidak berbau. Merkuri adalah bahan aktif yang memiliki dampak pada pengelupasan kulit. Penggunaan merkuri dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah seperti:

  • Kelainan fungsi otak pada janin dari ibu yang menggunakan pemutih yang memiliki bahan merkuri,
  • Rusaknya fungsi ganjl dan timbul berbagai masalah psikologis.

Steroid

Steroid merupakan bahan yang sering digunakan untuk mengurangi peradangan contohnya pada kulit yang terasa gatal, kulit berwarna merah. Sayangnya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dan dalam jangka waktu yang lama, steroid bisa menyebabkan pelemahan tulang. Untuk kulit, efek samping dari penggunaan steroid ialah penipisan pada lapisan kulit. Bila kulit Anda terlalu tipis, orang akan mudah terluka atau tergores. Efek samping lainnya seperti memperlambat penyembuhan luka, jerawat hingga pembuluh darah nampak di permukaan kulit.

Pilihan cream yang aman

Dibandingkan dengan Anda mencoba-coba berbagai macam cream pemutih wajah yang belum tentu aman, lebih baik Anda langsung menggunakan cream pemutih wajah dari bahan alami sehingga pemutihan kulit bisa aman.

Salah satu pilihan cream yang bisa langsung Anda coba adalah cream temulawak. Tidak disangka, cream temulawak asli memiliki berbagai macam manfaat seperti mencerahkan dan memutihkan wajah dalam waktu yang singkat. Anda bisa menggunakan cream temulawak dan lihat hasil akhirnya, wajah Anda akan lebih putih dibandingkan sebelumnya, selain itu penggunaan cream secara rutin dapat melindungi kulit dari UVA serta UVB.